Sunday, January 9, 2011

yah

yah.........ternyata belum bisa tidur juga,kembali ku buka deh blogku. bosen sih tapi daripada sekedar bengong mendingan bercerita kan,paling tidak sampai aku benar-benar bosan terus terjaga dan kemudian bisa lanjut tidur sampai matahri bersinar tapi kalu cuaca pagi nanti cerah,kalau mendung pasti hanya ada awan hitam aja. :)
aku mau cerita sebagian yang aku pelajari selama 19 tahun aku hidup nih tapi sih sebenernya aku mulai belajar sejak aku umur 6 tahun jadi genapnya yang aku ingin ceritakan adalah apa yang aku pelajari selama aku mulai mengerti belajar sejak 13 tahun yang lalu.

ketika aku kecil sampai sekarang aku pasti pernah membuat kesalahan,setiap kesalahanku pasti menuai kritik. baik itu kritik yang membangun atau yang menjatuhkan sekalipun. dari kritik yang membangun aku tahu rasanya dihargai dan aku belajar menghargai,dari kritik yang menjatuhkan aku tau rasanya dihukum dan belajar bagaimana cara menghukum yang baik.
ketika masa kecil aku sering melihat orang-orang disekitarku bahkan keluargaku sendiri bermusuhan satu dengan yang lainnya,dari permusuhan aku mengerti apa itu kekerasan dan aku belajar untuk bersikap lembut.
ketika bermain bersama teman-temanku terkadang ada saja salah satu dari kami mengolok orang lain,dari sebuah olokan aku tau yang namanya malu dan aku belajar untuk menjaga lidahku.
terkadang aku dihantui rasa malu dari sebuah rasa malu aku tau yang namanya perasaan bersalah dan aku belajar mengontrol diri untuk tidak terlalu banyak melakukan kesalahan.
ketika aku dalam keadaan putus asa,aku mendapati orang-orang disekitarku mendorongku untuk semangat,dari sebuah dorongan aku tau rasanya dipedulikan dan aku belajar untuk percaya diri.
ketika aku beranjak remaja sering aku lihat di televisi tayangan tentang ketidakadilan dari ketidakadilan yang kulihat di televisi aku tau pahitnya dispelekan dan aku belajar untuk menjalankan keadilan supaya aku diperlakukan adil.
ketika natal tiba aku menikmati suasana tenteram di hati tatkala lonceng gereja berbunyi menandakan natal tiba,dari sebuah ketentraman aku tau rasanya tenang dan dengan iman aku belajar untuk bersyukur.
dari aku kecil hingga aku 19 tahun aku memiliki sahabat-sahabat terbaik dari Tuhan,dari sahabatku aku tau rasanya hidup dengan penrimaan sekalipun ada banyak perbedaan dan aku belajar untuk mencintai dunia yang beragam.

itulah beberapa hal yang aku pelajari selama ini,harusnya masih banyak hal yang aku pelajari tapi hanya itulah yang aku ingat untuk aku ceritakan disini.