Monday, January 3, 2011

Bandwitdh,Baseband,Broadband dan Narrowband


Bandwitdh
merupakan jumlah keluar masuknya data yang diizinkan oleh situs web pada internet yang diberikan oleh perusahaan penyedia hosting yang mana kapasitasnya tergantung pada koneksi jaringan perusahaan hosting tersebut baik untuk internal maupun eksternal.
Contohnya ketika kita menerima/mengirim email,misalkan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB,secara teori untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) kita bisa kirim sebanyak 250.000 email atau bisa juga 100.000 kirim dan 150.000 nya menerima.
Dari contoh di atas maka dapat dismpulkan,apabila bandwidth yang disediakan besar, maka website akan ter-load lebih cepat karena server mampu mentransfer data yang lebih besar tiap detiknya. Hal ini tidak membuat data transfer menjadi besar, karena jumlah dari data transfer tergantung pada jumlah pengunjung website dan ukuran file website Anda. Makin
besar angka pengunjung, makin besar jumlah data yang ditransfer dari website Anda maka makin besar pula data transfernya.
Baseband
Merupakan metode dalam penggunaan media komunikasi dengan frekuensi yang dilewatkan pada carrier sebagai pentransmisi data hanya satu buah. Baseband termasuk dalam salah satu jenis Local Area Network,dimana suatu pesan disalurkan dalam bentuk digital pada saluran transmisi diantara mesin yang terhubung dengan kabel koaksial maupun kabel twisted pair,maka dalam satu media tersebut hanya ada satu sinyal yang memiliki arti.
Broadband
merupakan koneksi internet transmisi data berkecepatan tinggi yang biasanya, hubungan ke pelanggan dengan kecepatan 256 kbit/d (0,256Mbit/d) atau lebih dianggap sebagai internet Broadband. Terdapat dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.
Narrowband
Merupakan istilah dalam studi nirkabel,yaitu, pita dengan saluran sempit dengan kemampuan kecil sehingga respon frekuensi dianggap datar. Narrowband juga dapat digunakan dengan audio spektrum untuk menggambarkan suara yang menempati rentang frekuensi sempit.Dalamtelepon , narrowband biasanya dianggap untuk menutup frekuensi 300-3400 Hz.