Wednesday, October 20, 2010

Dampak New Media terhadap media konvensional dan terhadap masyarakat



New Media / Media Baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet,contohnya seperti web, blog, online social network,koran digital dan lain sebagainya. Dari interaksi yang terjadi antara manusia dengan komputer yang terhubung dengan jaringan internet terdapat beberapa dampak negatif terhadap media konvensional yang telah ada lebih dulu sebelum New Media berkembang pesat dan terdapat juga beberapa dampak positif yang dirasakan masyarakat atas keberadaan dari New Media.
Dampak negatif keberadaan New Media terhadap media konvensional :

1.      Media konvensional dalam memberi informasi terkesan lebih terlambat dari New Media yang selalu up to date itu dikarenakan Media Konvensional offline tidak online seperti New Media.
2.      Media konvensional akan jatuh nilai kualitasnya di mata penikmat media ketika penikmat media membaca suatu informasi dalam media konvensional terdapat kesalahan akan kebenaran informasi yang ada setelah membandingkannya dengan informasi yang sama yang diperoleh dari New Media yang menyajikan berita apa adanya secara subjektif tanpa adanya sentuhan dari tangan kedua.
3.      Kuantitas dari penjualan Media konvensional menurun drastis dikarenakan penikmat media lebih memilih keefisienan waktu dan biaya dalam memperoleh informasi dari New Media. Contohnya: dengan browsing internet kita bisa tau apa saja yang terjadi di dunia dalam satu hari dan kita bisa mengakses informasi dari internet dimana saja baik itu menggunakan komputer maupun telepon genggam yang teknologinya semakin canggih dalam mengakses internet. Tidak perlu lagi harus menunggu besok untuk tahu kejadian apa saja yang terjadi pada hari ini.
4.      Tenaga-tenaga kerja yang bergantung pada media konvensional kapan saja harus siap meninggalkan pekerjaannya untuk beralih juga ke New Media dikarenakan kebangkrutan akibat dari kuantitas penjualan media konvensional.
Dampak positif keberadaan new Media terhadap masyarakat :

1.      Memperoleh suatu informasi yang aktual secara mudah.
2.      Mempermudah masyarakat untuk membuka ladang usaha melalui online soscial network.
3.      Pola pikir masyarakat akan semakin berkembang dengan adanya kebebasan dan kompetensi antar individu.
4.      Masyarakat bisa menikmati belajar gratis dengan e-book yang dapat di download seacara gratis di beberapa situs web.
5.      Masyarakat bebas mengekspresikan dirinya dalam menulis,memberikan ide dan gagasan-gagasan baru.


Itulah serba-serbi keberadaan New Media terhadap media konvensional dan terhadap masyarakat. Di negara-negara besar,New Media memang lebih diminati oleh warga negaranya ketimbang media konvensional yang sudah dianggap kuno tetapi di negara kita Indonesia media konvensional tetap ada di hati para penikmatnya. Semuanya kembali lagi ke masing-masing pribadi lebih menikmati media konvensional atau New Media.