Wednesday, October 6, 2010

New Media

New Media (Media Baru) adalah terminologi konvergensi antara teknologi komunikasi berbasis digital yang terkomputerisasi dengan karakteristik dapat dimanipulasi,bersifat jaringan,padat,interaktif dan tidak memihak. Itu merupakan pengertian new media menurut beberapa sumber yang saya kombinasikan,kalau menurut saya secara pribadi New Media (Media Baru) adalah Kemunculan teknologi berbasis digital yang menyatukan beberapa elemen dengan fungsi yang berbeda menjadi sesuatu yang memiliki banyak fungsi dan akan semakin berkembang mengikuti perkembangan teknologi.
Contoh produk new media adalah Koran digital. Koran digital adalah koran yang dapat diakes melalui media elektronik yang terhubung dengan jaringan internet,Handphone yang terhubung dengan jaringan internet. Koran digital tidak lagi berbentuk fisik tapi berbentuk elektronik karena telah mengalami proses digitalisasi yang memiliki prinsip kerja elektronik dan elktromagnetis. Beberapa contoh koran digital yang ada di Indonesia adalah The Jakarta Pos, JawaPos,Kompas dan Koran Tempo.
Keberadaan New Media memiliki dampak bagi penggunanya baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Gaya hidup yang serba instant adalah salah satu dari dampak negatif atas keberadaan New Media,dimana pengguna New Media jadi kurang bersosialisasi dengan ruang publik disekitarnya karena telah merasa dengan adanya koneksi antara pengguna dengan perangkat teknologi semuanya jadi serba gampang,tanpa ada tatap mukapun tetap bisa berkomunikasi padahal kan dalam kehidupan bersosialisasi dibutuhkan juga yang namanya tatap muka sementara dampak positif dari keberadaan New Media adalah setiap orang yang menggunakan New Media memiliki kebebasan mengekspresikan dirinya dalam menulis,memberikan ide dan gagasan-gagasan baru. Setiap kita bebas memiliki banyak koneksi dan berinteraksi dengan siapa saja yang ada di dunia.